Countable nouns in Indonesian grammar are just as important as in any other language. They refer to the words you can count and are usually the names of objects, people, etc. In Indonesian, these countable nouns don’t change in plural form. The quantity or number is usually expressed with the help of numeral or specifier before the noun. Now, let’s dive in and practice the usage of these countable nouns in the Indonesian language!
Exercise 1: Fill in the blanks with the correct countable noun.
1. Kami mempunyai *lima* (five) apel di meja.
2. Ada *sepuluh* (ten) pensil dalam kotak.
3. Dia memiliki *dua* (two) kucing di rumahnya.
4. Saya akan membeli *tiga* (three) buku dari toko buku.
5. *Empat* (four) anak laki-laki bermain di taman.
6. Dia mempunyai *enam* (six) sepeda.
7. Mereka mempunyai *tujuh* (seven) jam tangan.
8. Dia mempunyai *delapan* (eight) kemeja.
9. Ada *sembilan* (nine) tikus di gudang.
10. Dia mempunyai *satu* (one) mobil mewah.
11. Ada *dua puluh* (twenty) siswa di dalam kelas ini.
12. Saya mempunyai *seribu* (thousand) pertanyaan untuk Anda.
13. Mereka membeli *empat puluh* (forty) markah tanah.
14. Mereka memiliki *puluhan* (tenths) pakaian.
15. Ada *ratusan* (hundreds) burung di langit.
2. Ada *sepuluh* (ten) pensil dalam kotak.
3. Dia memiliki *dua* (two) kucing di rumahnya.
4. Saya akan membeli *tiga* (three) buku dari toko buku.
5. *Empat* (four) anak laki-laki bermain di taman.
6. Dia mempunyai *enam* (six) sepeda.
7. Mereka mempunyai *tujuh* (seven) jam tangan.
8. Dia mempunyai *delapan* (eight) kemeja.
9. Ada *sembilan* (nine) tikus di gudang.
10. Dia mempunyai *satu* (one) mobil mewah.
11. Ada *dua puluh* (twenty) siswa di dalam kelas ini.
12. Saya mempunyai *seribu* (thousand) pertanyaan untuk Anda.
13. Mereka membeli *empat puluh* (forty) markah tanah.
14. Mereka memiliki *puluhan* (tenths) pakaian.
15. Ada *ratusan* (hundreds) burung di langit.
Exercise 2: Fill in the blanks with the correct countable noun.
1. Dia mempunyai *sebelas* (eleven) burung.
2. Mereka memiliki *dua belas* (twelve) kotak pizza.
3. Ada *seratus* (hundred) pohon di kebun ini.
4. Saya ingin makan *tiga puluh* (thirty) permen.
5. *Satu puluh* (ten) orang sedang menonton film.
6. Kami mempunyai *lima belas* (fifteen) baju di dalam lemari.
7. Dia memiliki *lima puluh* (fifty) buku di rak bukunya.
8. Ada *enam puluh* (sixty) siswa di dalam sekolah.
9. Dalam kotak itu ada *tujuh puluh* (seventy) mainan.
10. Ada *delapan puluh* (eighty) buah di dalam keranjang.
11. Pasar ini memiliki *sembilan puluh* (ninety) toko makanan.
12. Ada *seribu* (thousand) batu di pantai ini.
13. Mereka memiliki *sejuta* (million) ide untuk proyek baru.
14. Ada *dua juta* (two million) penduduk di kota ini.
15. Dia memiliki *satu miliar* (one billion) rupiah di bank.
2. Mereka memiliki *dua belas* (twelve) kotak pizza.
3. Ada *seratus* (hundred) pohon di kebun ini.
4. Saya ingin makan *tiga puluh* (thirty) permen.
5. *Satu puluh* (ten) orang sedang menonton film.
6. Kami mempunyai *lima belas* (fifteen) baju di dalam lemari.
7. Dia memiliki *lima puluh* (fifty) buku di rak bukunya.
8. Ada *enam puluh* (sixty) siswa di dalam sekolah.
9. Dalam kotak itu ada *tujuh puluh* (seventy) mainan.
10. Ada *delapan puluh* (eighty) buah di dalam keranjang.
11. Pasar ini memiliki *sembilan puluh* (ninety) toko makanan.
12. Ada *seribu* (thousand) batu di pantai ini.
13. Mereka memiliki *sejuta* (million) ide untuk proyek baru.
14. Ada *dua juta* (two million) penduduk di kota ini.
15. Dia memiliki *satu miliar* (one billion) rupiah di bank.